Tuesday, April 19, 2011

UN Sekarang dan UN 2 Tahun Lalu

Hari ini, Selasa, 19 April 2011, adalah hari kedua untuk anak-anak SMA kelas 12 menjalani Ujian Nasional. Gue nggak tau banyak tentang perkembangan UN itu sendiri dari sudut pandang siswa kelas 12 dari tahun ke tahun. Iya, gue sibuk dengan sekolah gue di samping itu gue juga kurang keep in touch sama angkatan di bawah gue.

So far, gue liat semangat mereka buat menghadapi UN dan optimis lulus itu besar. Kekompakan mereka nggak bisa dipungkiri. Saat waktunya UN tiba, mereka juga berusaha calm down dan nggak panik. Anggep hari Senin, hari pertama UN, itu nggak ada apa-apa. Santai banget. Tapiii, gue juga merhatiin banget lho gimana usaha mereka selama kurang dari 1 tahun buat mempersiapkan UN. Ya biasa, kayak anak sekolahan lainnya yang cuma belajar kalau besok ada ulangan doang, itu pun angot-angotannya naudzubillah. That's a turn off, guys, I'm telling ya'.

Udah gitu mereka juga bisa dibilang males-malesan. Contoh, waktunya PM ada aja alesan buat cabut mulai dari harus nemenin Mama ke supermarket lah, kontrol gigi ke dokter padahal giginya nggak kenapa-kenapa, disuruh ikut Papa kemana tau padahal mah bokapnya lagi ngopi-ngopi di kantor, dll. Pinter ya mereka. Sampai pernah gue perhatiin ada juga anak yang tiap PM malah cabut main billiard dan nyisha. Woi, lo nyodok nomer berapa dan ngisep rasa apaan juga nggak bakalan keluar di soal UN. *geleng-geleng kepala*

Daaan, saat ujian berlangsung! Gue sih nggak tau apa-apa soal gimana mereka ngerjain soal UN-nya. Yalah, kan gue nggak ada di TKP dan bukan jadi pengawas langsung. TAPI, SEKALI LAGI, YANG GUE PERHATIIN, ada satu anak yang texting atau bahkan tweeting saat ujian sedang berlangsung! Ajegile. Sempet tuh mata seliweran ngeliatin Timeline di saat seperti itu? *geleng-geleng kepala* *jedot-jedotin kepala*

Boyyy, emang sih kebanyakan orang bilang kalau ujian apalagi Ujian Nasional itu harus kita hadapi dengan kepala dingin. Santai tetapi tetap fokus. Santai tetapi tetap serius. Kalau misalnya lo terlalu menggampangkan itu semua tapi rezeki lo bukan di situ, gimana sama orang tua lo kalau misalkan mereka terima surat keterangan tidak lulus dari lo? Mau nangis kayak gimana lagi mereka? Pikirin dong, jangan cuma pikirin kesenangan lo doang.

Hahaha, edan ya. Now let's back to December... I mean let's back to 2 years ago when I was having the nervously exact time, doing the National Examination.

Hmmm, jadi ya sama sih kayak mereka. Hehe -_- But trust me, waktu jamannya gue kelas 12 gue takut banget sama yang namanya UN. Apalagi di saat gue menyadari bahwa gue nggak mungkin sepenuhnya mengandalkan teman-teman saat ujian nanti. Cos you don't know how my friends were like

Gue mulai melucuti mainan-mainan gue, komputer, internet, hp. Gue ngerasa kayak hidup di tengah hutan. Nggak pernah nonton TV, dengerin radio, SMS-an, dan sampai menyentuh internet. Sama sekali nggak, itu semua gue lakukan demi keberhasilan gue di UN. Pulang sekolah langsung pulang, tidur jam 11 malem dan bangun jam 5 untuk menghapal. Kalau sekarang gue mikir, perjuangan gue dulu asli berat banget. Tapi syukur Alhamdulillah-nya waktu itu gue nggak ngerasa capek dan ngeluh, gue malah seneng dan ikhlas ngelakuin itu semua. Teman-teman gue 1 kelas bimbel semua dan cuma gue doang yang nggak karena waktu itu terhambat masalah ekonomi di keluarga gue. Gue dikatain cupu karena gue nggak bimbel seperti mereka yang menghabiskan uang berjuta-juta untuk les di tempat bimbel yang ternama. Gue merasa gue dijauhin teman-teman karena gue nggak bimbel itu. Haha, karon.

Waktu UN pun tiba. Gue nggak mungkin kerja sendiri karena saat itu bahkan kita semua dikomandoin wali kelas untuk kerja sama, gotong-royong. Sumpah waktu itu gue pingin ngakak abis-abisan, sebenernya ini mau ujian apa mau perang sih? Lucu lah pokoknya. Teman-teman di malam sebelumnya juga mulai forward SMS ngasih tau perlengkapan apa aja yang harus kita bawa mulai dari stiker nama, puplen senter, rautan pensil yang kotak, dll. Hahaha, sumpah kocak abis. Paginya hari pertama, kita semua disuruh ngumpul ke rumah satu orang jam 5 pagi pakai baju bebas karena takut ketauan polisi yang waktu itu diisukan jaga di depan gang sekolah buat menyusun kembali strategi dan rencana yang udah dibuat sebelumnya.

Saatnya mengerjakan soal pun tiba teng! Intinya pas itu gue bener-bener ngerjain sendiri daaan bahasa Indonesia gue dapet 6. t(-__-t) Parah. Sosiologi gue ngerjain sambil nangis untungnya kertasnya nggak basah dan masih bisa dibaca scanner. Selanjutnya Geografi, gue udah nggak tahan lagi, soalnya mencong banget. Akhirnya gue beranikan diri buat ngeliat kunci jawaban. Sumpah waktu itu gue takut dosa kan ujian ini nggak main-main. Tapi ya mau gimana lagi, gue percaya Allah maha pemaaf umat-Nya kok. Hahaha. Lagian gue juga nggak mau muna, waktu itu gue emang bener-bener dalam kesulitan. Yaaah, you know.

Ya, gue bener-bener nikmatin banget masa-masa kelas 12. Bohong aja tuh kalau masa terindah itu saat kelas 11. Cih, isinya galau semua. Kalau kelas 12 bener-bener kerasa mulai dari pertemanannya yang kuat, suka sama teman dekat, sampai pantat ditabokin guru karena pura-pura lupa harus ngumpulin tugas. Dan yang lebih senangnya lagi, perjuangan gue selama itu membuahkan hasil. Gue dapeeet... nggak deng. Nggak bakal gue bilang di sini, hehe.





Semoga kalian semua, 12/2011, LULUS,
AC